Sunday, February 14, 2010

SEJARAH SINGKAT

SMP Negeri 1 Grabag Magelang (saat itu masih berstatus sebagai SMP Persiapan ) didirikan pada tahun 1957, bermula dari prakarsa guru-guru alumnus SGA Negeri Semarang yang mengajar di SD Negeri di wilayah Grabag bersama dengan Bapak Mintarno.

Karena masih merupakan sekolah yang baru terbentuk maka sarana prasarananya masih sangat bersahaja dan belum memiliki gedung sendiri. Sebagai tempat kegiatan belajar mengajar meminjam gedung SD Negeri Grabag 1 Kecamatan Grabag. Guru pengajarnya kebanyakan guru-guru yang belum memiliki kwalifikasi sebagi guru SMP. Beberapa waktu kemudian karena berbagai alasan, tempat belajarnya dipindah ke gedung Margatama atau gedung balai desa Grabag.

Berkat kerjasama tokoh masyarakat dan masyarakat melalui kegiatan gotong royong akhirnya SMP Persiapan Grabag berhasil membangun beberapa ruang kelas dengan menempati tanah bekas pasar yang terletak di sebelah barat gedung Margatama. Dua tahun berikutnya, tepatnya tahun 1959 statusnya meningkat menjadi SMP Bantuan Negeri dan mendapat droping guru-guru yang lebih profesional di bidangnya dari Pemerintah cq Departemen P dan K.

Berkat kemajuan yang dicapai sekolah, maka pada tanggal 14 September 1963 dengan Surat Keputusan No. 61/SK/B.III/1963, pemerintah mengubah status sekolah menjadi sekolah negeri sampai sekarang.

Setelah lebih dari empat dasa warsa berlalu, pada tahun 2005 setelah melalui verivikasi dari berbagai aspek, Departemen Pendidikan Nasional melalui Surat Keputusan Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 960/C3/Kp/2005 tanggal 19 Juli 2005
menetapkan SMP Negeri 1 Grabag sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Sebuah predikat yang sangat berat diemban dan menuntut banyak konsekwensi. Segala-sesuatu yang berada di dalamnya harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah melaui Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Predikat sebagai SSN yang disandang menyebabkan semua warga sekolah berusaha tampil lebih baik. Dari tahun ke tahun SMP Negeri 1 Grabag berhasil meningkatkan kualitas pendidikannya. Prestasi demi prestasi diraihnya. Selama lima belas tahun, mulai tahun 1991 s.d. tahun 2006 berturut-turut berhasil lulus 100% dalam ujian nasional. Bahkan pada tahun 2006, SMP Negeri 1 Grabag berhasil dengan gilang gemilang menduduki peringkat 1 (satu) se Kabupaten Magelang dalam perolehan nilai ujian nasional. Sebuah prestasi yang sangat didambakan oleh segenap civitas akademika selama ini.

Prestasi non akademisnyapun tak ketinggalan. Berbagai kejuaraan dan lomba yang diselenggarakan di tingkat Kabupaten Magelang berhasil dimenangkan. Lomba rumpun bahasa, lomba pidato bahasa Inggris, lomba baca puisi, lomba siswa teladan, lomba penulisan sinopsis, lomba kinerja IPA adalah sederetan cabang lomba yang berhasil diraih SMP Negeri 1 Grabag sebagai juara pertama. Prestasi yang dicapai tidak hanya kejuaraan yang diselenggarakan untuk siswa saja. Pada tahun 2006 dan 2007, Drs. Edi Suharto sebagai Kepala Sekolah berhasil menorehkan prestasi sebagai Kepala Sekolah Teladan I tingkat kabupaten dua tahun berturut-turut. Pada tahun yang sama, Budi Sayuto, S.Pd. seorang guru TIK berhasil menduduki peringkat 3 dalam seleksi guru berprestasi tingkat kabupaten.

Namun demikian jika dicermati secara fisik, SMP Negeri 1 Grabag Kab. Magelang masih memiliki banyak kekurangan. Dari gedung yang ada, terdapat 8 (delapan) ruang kelas yang tidak memenuhi standar jika dilihat dari luas ruangannya. Kedelapan ruang tersebut memiliki luas 46 m2 atau 7 X 7 m2. Untuk mengatasi hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itulah sekolah saat ini sedang berusaha sekuat tenaga menggalang dana baik pemerintah melalui program imbal swadaya maupun dari masyarakat, orang tua siswa dan alumni yang telah sukses.

5 comments:

  1. wah...saya juga alumni Sekolah ini, udah lama ga nengok sekolah yang membesarkan saya...kangen juga nih dah beberapa tahun ga pulang kampung...

    eko_budi@yahoo.com

    ekobudis.com

    ReplyDelete
  2. http://spensagra007.blogspot.com/

    ReplyDelete